578 Lulusan Politeknik Negeri Padang hadirkan mahasiswa berprestasi

0
643

Sebanyak 578 lulusan Politeknik Negeri Padang ( PNP ) diwisuda, Sabtu 11 Oktober 2014 di gedung Pekan Kreatifitas Mahasiswa ( PKM ) Politeknik Negeri Padang pada Wisuda IV tahun 2014 dan ini merupakan wisuda pertama semenjak Politeknik Negeri Padang dinyatakan sebagai Perguruan Tinggi Mandiri yang ditandai dengan disahkannya STATUTA Politeknik Negeri Padang sesuai permendikbud No. 89 Tahun 2014. Lulusan ini terdiri dari 38 orang Diploma IV, 506 orang Diploma III dan 34 orang Diploma II-Pendidikan Diluar Domosili Tanah Datar. Dengan demikian tercatat hingga saat ini jumlah alumni Politeknik Negeri Padang telah mencapai 13270 orang yang saat ini telah tersebar di berbagai instansi pemerintah, BUMN, Perusahaan Swasta Nasional dan Internasional.

 

Pada kesempatan itu, Politeknik Negeri Padang juga memberikan penghargaan kepada 32 orang mahasiswa yang lulus dengan predikat cum laude untuk setiap jurusan. Diantara lulusan dengan peringkat cum laude tersebut, IPK Tertinggi diraih oleh Fajar Okiresta, AMd dari Jurusan Elektro Program Studi D III Teknik Telekomunikasi lulus dengan pujian dengan Indeks Prestasi Kumulatif ( IPK ) 3,88.

 

Direktur PNP Aidil Zamri ST MT dalam sambutannya mengatakan bahwa wisuda yang dilaksanakan pada hari ini secara khusus juga melakukan wisuda untuk 36 orang Lulusan Pertama Program Studi Diluar Domisili Piliteknik Negeri Padang ( Persiapan Akademi Komunitas Kab. Tanah Datar ). Ini merupakan wisuda pertama Program Studi Diluar Domisili Politeknik yang mana saat ini dibina 5 Akademi  Komunitas / PDD di Sumbar dan Riau.

 

Dalam kesempatan tersebut Direktur PNP mengucapkan selamat atas kesuksesan yang diraih oleh wisudawan/wisudawati. Harapannya semoga ilmu dan keterampilan yang diperoleh dapat diaplikasikan ditengah masyarakat. Kepada wisudawan/wisudawati, Bapak Aidil Zamri selaku direktur juga berpesan teruslah tingkatkan pengetahuan dan keterampilan untuk mengimbangi perkembangan kemajuan yang ada di dunia industri maupun persaingan global.

 

Beliau juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pimpinan Politeknik, Pimpinan Jurusan/Program Studi, Pengelola Akademi Komunitas Kabupaten Tanah Datar beserta seluruh staf pengajar, administrasi dan teknisi atas penyelenggaraan pendidikan sehingga para wisudawan/wisudawati dapat menyelesaikan studi sesuai waktunya. Selanjutnya ucapan terima kasih kepada semua pihak terutama kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Rektor Universitas Andalas, Senat Politeknik Negeri Padang beserta seluruh civitas akademika atas perjuangan dan kerja keras bersama sehingga Politeknik Negeri Padang menjadi PTN Mandiri.

 

“ Kemandirian Politeknik ini tentu saja membawa tantangan bagi kita semua untuk menjadikan Politeknik Negeri Padang sebagai perguruan tinggi bertaraf internasional sesuai dengan visi Politeknik. Berbagai prestasi yang kita raih dalam waktu belakangan ini tentunya memacu kita untuk selalu meningkatkan pelayanan kepada mahasiswa dan stakeholder lainnya. Dengan kapasitas sumber daya manusia dan peralatan labor/bengkel serta didukung Teknologi Informasi yang kita miliki, kita yakin sekaranglah saatnya Politeknik Negeri Padang mengembangkan kapasitas institusional untuk mensejahterakan masyarakat melalui karya-karya penelitian dan pengabdian terapan” kata direktur Politeknik Negeri Padang, Aidil Zamri ST MT.

 

Untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean ( MEA ) tentunya harus diisi oleh tenaga siap pakai dan berdaya saing, serta memiliki sertifikat kompetensi yang diakui secara profesional maupun regional, dan Politeknik Negeri Padang bisa berperan sebagai  lembaga sertifikasi propesi. Untuk itu direktur Politeknik Negeri Padang mengajak setiap program studi yang ada di PNP untuk mempersiapkan labor/bengkel yang dimiliki untuk menjadi tempat Uji Kompetensi, yang mana mahasiswa yang tamat dibekali dengan sertifikat Keahlian sebagai modal bagi mereka dalam bersaing didunia kerja.

 

Prosesi wisuda ini kemudian dilanjutkan dengan pemberian selamat kepada para wisudawan, foto bersama Direktur dan anggota senat serta penampilan dari Paduan Suara Mahasiswa dari Unit Kegiatan Seni ( UKS ) Politeknik Negeri Padang. Setelah itu, para wisudawan merayakan kelulusannya dengan arak-arakan dalam kampus yang diikuti oleh hampir seluruh orang tua dan undangan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here